TUGAS 2

SOAL
1.Jelaskan Ruang lingkup ORMET?
2.Megapa uang bisa dijadikan sebagai motivasi dalam bekerja?3.Apa sebab timbulnya organisasi informal?
4.Apa yang dimaksud dengan ‘ Jendela Johari’?

Jawab

1.Ruang lingkup ormet adalah :
– Anailisis organisasi.
– Komunikasi dalam organisasi.
– Tata kerja, prosedur dan system kerja.
– Pentingnya filling.
– Penyimpanan data & dokumen.
– Formulir.
– Pendayagunaan mesin kantor & peralatan.
– Penyusunan tata ruang & perencanaannya.
– Penulisan laporan.
– Penyusunan buku pedoman kerja.
– Penyusunan Anggaran belanja.
– Analisis kepegawaian.
Sedangkan fungsi ormet adalah unit staf atau sebagai pelayan bagi manajer & administrasi dalam melaksanakan fungsi manajemennya yaitu membantu secara teknis dan praktis dalam pelaksanaan teori ormet secara tepat.
2. Motivasi adalah keadaan dalam pribadi seseorang yang mendorong keinginan individu untuk melakukan kegiatan-kegiatan tertentu guna mencapai tujuan. Jadi, uang bisa dijadikan motivasi dalam bekerja karena uang merupakan kebutuhan seseorang yang harus terpenuhi, karena uang bisa membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Sehingga uang menjadi motivasi dan penyemangat bagi para pekerja.
3.Alasan utama yang membuat timbulnya organisasi informal adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan manusiawi yang tidak sepenuhnya dapat dipuaskan dalam organisasi formal, misal kebutuhan hubungan sosial, rasa memiliki, dan pengenalan diri, pengetahuan tentang perilaku yang diterima, pelestarian nila-nilai budaya, kebutuhan akan informasi dan komunikasi serta lain sebagainya.Kebutuhan-kebutuhan yang mendasari terciptanya organisasi informal :a. Kebutuhan social.b. Pengetahuan tentang perilaku yang dapat diterima.c. Perhatian atau simpati.d. Bantuan dalam pencapaian tujuan.e. Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.f. Pelestarian nilai-nilai budaya.g. Komunikasi dan informasi.h. Hubunngan antara atasan dan bawahan berdasar kebutuhan masing-masing.i. Pemimpin dipilih berdasarkan kesepakatan.j. Pengendalian melaui pemenuhan kebutuhan.4.jendela Johari merupakan salah satu cara untuk melihat dinamika dari self-awareness, yang berkaitan dengan perilaku, perasaan, dan motif kita. Model yang diciptakan oleh Joseph Luft dan Harry Ingham di tahun 1955 ini berguna untuk mengamati cara kita memahami diri kita sendiri sebagai bagian dari proses komunikasi.

Johari Awareness Model terdiri dari sebuah persegi yang terbagi menjadi empat kuadran, yaitu OPEN, BLIND, HIDDEN, dan UNKNOWN.
Kuadran 1 (Open) adalah merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri dan orang lain.
Kuadran 2 (Blind) adalah merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh orang lain, tetapi tidak diketahui oleh diri kita sendiri.
Kuadran 3 (Hidden) adalah merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang diketahui oleh diri kita sendiri, tetapi tidak diketahui oleh orang lain.
Kuadran 4 (Unknown) adalah merujuk kepada perilaku, perasaan, dan motivasi yang tidak diketahui, baik oleh diri kita sendiri ataupun oleh orang lain.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s