ARTI PENTING ORGANISASI & METODE

Organisasi berfungsi sebagai prasarana atau alat untuk mencapai tujuan. Istilah Organisasi dapat diartikan sebagai:

WADAH : Sekelompok manusia untuk saling bekerja sama (Statis)PROSES : Pengelompokan manusia dalam kerjasama yang efesien (bersifat Dinamis) Inilah yang menyebabkan mengapa organisasi selalu bergerak, senantiasa hidup, berkembang dan berubah-ubah

METODE : Tata kerja / cara bagaimana sumber-sumber dan waktu yang tersedia dapat digunakan sehingga proses kegiatan manajemen bisa dilaksanakan sesuai dengan tujuan.

Metode ini diperlukan agar dalam pemanfaatan sumber yang diperlukan bagi terlaksananya kegiatan manajemen tidak terjadi kemacetan dan pemborosan.

ORGANISASI DAN METODE : Rangkaian proses kegiatan yang harus dilakukan untuk meningkatkan kegunaan segala sumber dan factor-faktor yang menentukan bagi berhasilnya proses manajemen yaitu mencapai tujuan apa yang telah ditetapkanDari Pemgertian diatas O & M mengandung maksud:· Kunci dan Syarat pelaksanaan kerja yang setepat-tepatnya· Mutlak dalam kegiatan manajemen· Memanfaatkan segala sumber dan waktu · Berguna untuk peningkatan efesiensi kerja untuk mencapai tujuan

MANAJEMEN :Proses dari kegiatan seorang manajer bagaimana mengambil keputusan yang terbaik melalui kerjasama dengan orang lain tanpa mengabaikan sumber-sumber yang tersedia untuk pencapaian tujuan

Faktor-faktor produksi (SUMBER-SUMBER) YANG DIPERLUKAN:¨ Manusia atau Tenaga Kerja (Man/Man Power)¨ Uang atau Biaya (Money)¨ Bahan-bahan atau Material (Materials)¨ Mesin dan Peralatan (Mechines & Equipment)

Sumber-sumber diatas menurut George R Terry disebut 6M (the six M’s in management) dengan menambah 2 sumber lagi:¨Tata kerja (Methods)¨ Pasar (Market)

3. Sejarah O & MIstilah O & M berasal dari Negara Inggris, yakni pada saat dibentuk Organization and Methods Division pada Departemen Keuangan Inggris Kerajaan Inggris (Lord of The Treasury Board) setelah Perang Dunia II. Setelah PD II semua negara pemenang perang berlomba untuk merehabilitasi Ekonomi dan Keuangannya. Pada saat itulah O & M berperan dengan tugas menemukan segala masalah administrasi, menentukan sebab-sebab masalah dan kemudian dianalisis. Saat itu O & M disebut sebagai “Dokter Administrasi” dengan fungsi:© Mengadakan prognosis (problems observation)© Mengadakan diagnosis (problems identification)© Menentukan sebab-sebab (reasions determination)© Memberikan terapi dan pengobatan (problems solution)

Istilah-istilah O & MDi Amerika istilah O & M berbeda-beda Antara lain: Administrative analyst, Management analysis, System & procedure, Management engineering, Efficiency engineering. Di Indonesia sebutan lain dari O & M adalah: Organisasi & tata kerja, Organisasi & efesiensi, Litbang (lemabaga penelitian & pengembangan), Analisa & pengembangan, Biro Organisasi & tata laksana.

RUANG LINGKUP O & M► Analisis Organisasi (Organizational Analysis)► Komunikasi dalam organisasi (Communication in Organization)► Tata kerja, Tata aliran, dan sistem (Work methods, procedur & System)► Pendayagunaan mesin kantor (Office mechine)► Pentingnya tata ruang kantor & penyusunan perencanaan (Office layout and space planning)► Kesimpulan akhir (Final Conclusion)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s