PENULISAN MAKALAH “Michael Jordan, Sang Legenda Basket “.

FAKULTAS ILMU KOMPUTER

MAKALAH BAHASA INDONESIA 2

Michael Jordan, Sang Legenda Basket

Nama : Oddy Agusta PM
Kelas : 3KA22
NPM : 12109258

UNTUK MELENGKAPI TUGAS BAHASA INDONESIA 2
UNIVERSITAS GUNADARMA
2012

i

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, atas berkah rahmat petunjuk dan karunia-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Penulisan Makalah ini. Shalawat dan salam penulis haturkan kepada Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat dan para pengikutnya yang setia sampai akhir jaman.
Adapun Penulisan Makalah ini disusun untuk melengkapi tugas kedua Bahasa Indonesia (softskill) pada jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Gunadarma.
Pada kesempatan ini, penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam menyelesaikan Penulisan Makalah ini, terutama kepada :
1. Ibu Prof. E. S. Margianti, S.E, M.M, selaku Rektor Universitas Gunadarma.
2. Bapak Bambang Wahyudi S.Kom, M.SI, selaku Dekan Fakultas Ilmu Komputer
3. Bapak Dr. Setia Wirawan, SKom, M.SI, selaku Ketua Sistem Informasi.
4. Bapak Jono Suroyo S.Kom, M.SI, selaku Dosen Bahasa Indonesia 2.
5. Seluruh keluarga tercinta, yang selalu memberikan dorongan dan doa restu-nya.
6. Dan Kawan – kawan 3KA22 atas solidaritas dan dukungannya.
Dengan segala kerendahan hati, penulis sangat menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam Penulisan Makalah ini. Oleh karena itu penulis mohon maaf atas kekurangan tersebut. Saran dan kritik yang bersifat membangun sangat penulis harapkan demi kesempurnaan Penulisan Makalah ini. Akhir harapan penulis adalah semoga Penulisan Makalah ini dapat bermanfaat, bagi penulis, perkembangan dunia menjaga kesehatan, serta para pembaca Penulisan Makalah ini.
Akhir kata Assallammualaikum Wr Wb.
Bekasi, 25 April 2012

Oddy Agusta PM

ii

Daftar isi

Halaman
Halaman judul …………………………………………………………………i
Kata pengantar ……………………………………………………………… ii
Daftar isi ……………………………………………………………………..iii
BAB I PENDAHULUAN ……………………………………………………1
1.1 Latar belakang ……………………………………………………1
1.2 Batasan masalah …………………………………………………..2
1.3 Rumusan masalah ………………………………………………….2
1.4 Tujuan …………………………………………………………… 2
1.5 Manfaat ……………………………………………………………2
BAB II KAJIAN PUSTAKA ………………………………………………….3
2.1.Pengertian Biografi ……………………………………………………3-4
BAB III METODE PENELITIAN ……………………………………………5
3.1.Subjek penelitian ……………………………………………………5
3.2.Tehnik pengumpulan data…………………………………………….5
3.3.Tehnik analisis data …………………………………………………5
BAB IV PEMBAHASAN………………………………………………………………………..6
4.1.Garis besar Isi ……….……………………………………………………6-8
BAB V PENUTUP ……………………………………………………………14
5.1 Kesimpulan ………………………………………………………..14
5.2 Saran ………………………………………………………………14
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………….15

iii

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG
Sejak masa reformasi media massa di Indonesia mengalami perkembangan pesat. Mulai dari media cetak seperti surat kabar dan majalah hingga munculnya saluran-saluran baru radio dan televisi. Dari segi isi dan pemberitaan, media juga dapat dikatakan lebih “berani” dalam mengomentari kebijakan pemerintah atau memberitakan realita di masyarakat, serta jangan dilupakan salah satu media cetak sebagai sumber pengetauhan paling penting adalah Buku.
Buku dalam arti luas mencakup semua tulisan dan gambar yang ditulis dan dilukiskan atas segala macam lembaran papyrus, lontar, perkamen dan kertas dengan segala bentuknya: berupa gulungan, di lubangi dan diikat dengan atau dijilid muka belakangnya dengan kulit, kain, karton dan kayu. (Ensiklopedi Indonesia (1980, hlm. 538))
Sesuai dengan empat definisi buku di atas, maka buku diartikan sebagai kumpulan kertas tercetak dan terjilid berisi informasi dengan jumlah halaman paling sedikit 48 halaman yang dapat dijadikan salah satu sumber dalam proses belajar dan membelajarkan.
Terdapat banyak jenis-jenis dari buku, seperti buku sejarah, buku pembelajaran, dan salah satunya adalah buku biografi. Diantara beberapa jenis buku yang disebutkan tadi, buku jenis biografi adalah jenis buku yang memeberikan pengetahuan luas berdasarkan profil dari seseorang atau kehidupan seseorang yang patut diteladani atau orang-orang legenda/penting yang ada di dunia ini.Kita dapat mempelajari kisah hidup dan pelajaran yang diambil dari mereka melalui buku Biografi ini.Untuk itu maka penulis mencoba membuat makalah ini dengan memberikan penjelasan mendalam tentang Buku Biografi salah seorang profil yang patut kita pelajari dan banyak pelajaran yang dapat kita ambil.

1

1.2 BATASAN MASALAH
Karya tulis ilmiah ini penulis hanya membatasi pada penjelasan tentang garis besar isi biografi orang itu serta pelajaran apa saja yang dapat kita ambil dari buku ini .yang lainnya tidak akan di bahas dalam karya tulis ilmiah ini.

1.3 RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang dan batasan masalah tesebut, maka kami dapat membuat rumusan masalah sebagai berikut :
1. Bagaimana Garis besar isi yang ada dalam Buku “Michael Jordan,Sang Legenda Basket”?
2. Pesan moral dan pelajaran penting apa sajakah yang dapat diambil dalam Buku “Michael Jordan,Sang Legenda Basket”?.

1.4 TUJUAN
Penulisan karya tulis ilmiah ini bertujuan untuk :
• Mendeskripsikan Garis besar isi dalam Buku “Michael Jordan,Sang Legenda Basket”.
• Mendeskripsikan Pesan moral dan pelajaran penting apa sajakah yang dapat diambil dalam Buku “Michael Jordan,Sang Legenda Basket”.

1.5 MANFAAT
Karya tulis ilmiah ini dapat dimanfaatkan sebagai :
1. Wacana belajar
2. Untuk lebih memahami pembelajaran/pesan yang dapat diambil dari Buku Biografi.
3. Sebagai literatur untuk lebih memahami pesan penting/isi buku dalam Buku Biografi.

2

BAB II
KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Biografi
Biografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu bios yang berarti hidup, dab graphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi, secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang. Biografi dapat berbentuk beberapa baris kalimat saja, namun juga dapat berupa lebih dari satu buku.
Perbedaannya adalah, biografi singkat hanya memaparkan tentang fakta-fakta dari kehidupan seseorang dan peran pentingnya sementara biografi yang panjang meliputi, tentunya, informasi-informasi penting namun dikisahkan dengan lebih mendetail dan tentunya dituliskan dengan gaya bercerita yang baik.
Biografi menganalisa dan menerangkan kejadian-kejadian dalam hidup seseorang. Lewat biografi, akan ditemukan hubungan, keterangan arti dari tindakan tertentu atau misteri yang melingkupi hidup seseorang, serta penjelasan mengenai tindakan dan perilaku hidupnya. Biografi biasanya dapat bercerita tentang kehidupan seorang tokoh terkenal atau tidak terkenal, namun demikian, biografi tentang orang biasa akan menceritakan mengenai satu atau lebih tempat atau masa tertentu. Biografi seringkali bercerita mengenai seorang tokoh sejarah, namun tak jarang juga tentang orang yang masih hidup. Banyak biografi ditulis secara kronologis. Beberapa periode waktu tersebut dapat dikelompokkan berdasar tema-tema utama tertentu (misalnya “masa-masa awal yang susah” atau “ambisi dan pencapaian”). Walau begitu, beberapa yang lain berfokus pada topik-topik atau pencapaian tertentu.
Biografi memerlukan bahan-bahan utama dan bahan pendukung. Bahan utama dapat berupa benda-benda seperti surat-surat, buku harian, atau kliping koran. Sedangkan bahan-bahan pendukung biasanya berupa biografi lain, buku-buku referensi atau sejarah yang memaparkan peranan subyek biografi itu.
Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalaman pribadi.
Macam-macam Biografi :
* Berdasarkan sisi penulis
* Berdasarkan Isinya
* Berdasarkan persoalan yang dibahas
* Berdasarkan penerbitannya

3

Berdasarkan sisi penulis
1. Autobiografi.
Ditulis sendiri oleh tokoh yang tercatat perjalanan hidupnya
2. Biografi.
Ditulis oleh orang lain, berdasarkan izin penulisan dibagi atas :
Authorized biography, yaitu biografi yang penulisannya seizin atau sepengetahuam tokoh didalamnya
Unauthorized biography, yaitu ditulis seseorang tanpa sepengetahuan atau izin dari tokoh di dalamnya (biasanya karena telah wafat)

Berdasarkan Isinya
Biografi Perjalanan Hidup, Isinya berupa perjalanan hidup lengkap atau sebagian paling berkesan.
Biografi Perjalanan Karir, Isinya berupa perjalanan karir dari awal karir hingga karir terbaru, atau sebagian perjalanan karir dalam mencapai sukses tertentu.

Berdasarkan persoalan yang dibahas
Biografi politik.
yaitu penulisan tokoh-tokoh di negeri ini dari sudut politik. Dalam biografi semacam ini bahan-bahan dikumpulkan biasanya melalui riset. Namun, biografi semacam ini kadang kala tidak lepas dari kepentingan penulis ataupun sosok yang ditulisnya.
Intelektual biografi
yang juga disusun melalui riset dan segenap temuan dituangkanpenulisnya dalam gaya penulisan ilmiah.
Biografi jurnalistik ataupun biografi sastra
yaitu materi penulisan biasanya diperoleh dari hasil wawancara terhadap tokoh yang akan ditulis maupun yang menjadi rujukan sebagai pendukung penulisan. Ini lebih ringan karena Cuma keterampilan dan wawancara.

Berdasarkan penerbitannya
Buku Sendiri.
Penerbitan buku kategori ini dilakukan atas inisiatif penerbit dengan seluruh biaya penulisan, percetakan, danpemasaran ditanggung oleh produsen. Biografi jenis ini biasanya memuat kisah hidup tokoh-tokoh yang diperkirakan akan menarik perhatian publik.
Buku Subdisi.
Ongkos pembuatan buku jenis ini sebagian dibiayai oleh sponsor. Biasanya pola ini dilakukan pada buku-buku yang diperkirakan dari segi komersial tidak akan laku atau kalaupun bisa dijual harganya sangat tinggi sehingga tidak terjangkau.

4

BAB III
METODE PENELITIAN

3.1 Subjek penilitian
Karya ilmiah ini mengambil subjek Buku Biografi “Michael Jordan,Sang Legenda Basket”. Buku ini mewakili Buku-Buku lain yang bertemakan buku biografi perjalanan hidup seseorang hingga meraih sukses.

3.2 Tehnik Pengumpulan data
Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam karya ilmiah ini adalah “Pengamatan atau Observasi”.

3.3 Tehnik Analisis data
Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan dalam karya ilmiah ini adalah metode “Kuantitatif”.

5

BAB IV
PEMBAHASAN
4.1. Garis Besar Isi
Kehidupan awal

Michael Jordan lahir pada tanggal 17 Februari, 1963 di Brooklyn, New York, salah satu dari James dan lima Deloris Jordan anak-anak. Keluarganya pindah ke Wilmington, North Carolina, ketika Michael masih sangat muda. Ayahnya bekerja sebagai pengawas pabrik General Electric, dan ibunya bekerja di bank. Ayahnya mengajarinya bekerja keras dan tidak tergiur dengan kehidupan jalanan. Ibunya mengajarinya menjahit, membersihkan, dan mencuci pakaian. Yordania mencintai olahraga namun gagal untuk membuat SMA-nya tim basket sebagai mahasiswa tahun kedua. Dia terus berlatih dan membuat tim tahun depan.. Setelah SMA ia menerima beasiswa basket untuk University of North Carolina, di mana ia bermain di bawah pelatih Dean Smith.
Dalam musim pertamanya Jordan di North Carolina dia bernama Atlantic Coast Conference (ACC) Rookie of the Year untuk tahun 1982. Tim ini memenangkan kejuaraan ACC, dan Yordania membuat lompatan kopling menembak yang mengalahkan Georgetown University untuk kejuaraan dari Athletic Collegiate Nasional Association (NCAA). Jordan memimpin ACC dalam mencetak gol sebagai mahasiswa tahun kedua dan sebagai junior. The Sporting News menamainya pemain perguruan tinggi tahun ini untuk kedua tahun. Dia meninggalkan North Carolina setelah tahun pertama dan dipilih oleh Chicago Bulls dari National Basketball Association (NBA) sebagai memilih ketiga draft 1984. Sebelum bergabung dengan Bulls, Jordan adalah anggota Musim Panas tahun 1984 tim basket Olimpiade Amerika Serikat yang memenangkan medali emas di Los Angeles, California.
6

Awal pro tahun

Ketika Jordan dirancang oleh Chicago Bulls mereka adalah tim yang kalah, menggambar hanya sekitar enam ribu penggemar untuk pertandingan kandang. Yordania cepat berubah. Gaya bermain dan semangat sengit persaingan mengingatkan penulis olahraga dan penggemar Julius Erving (1950 -), yang pernah menjadi pemain superstar selama tahun 1970. Luar biasa kemampuan Jordan melompat dan menggantung waktu senang fans di arena sekitar liga. Di musim pertamanya ia diangkat ke tim All-Star dan kemudian dihormati sebagai Rookie liga of the Year.
Sebuah kaki patah absen Yordania untuk 64 game selama musim 1985-86, tapi dia kembali mencetak 49 poin melawan Boston Celtics di pertandingan pertama babak playoff dan 63 pada game-sebuah rekor kedua playoff NBA. Musim 1986-87 lagi-lagi salah satu keberhasilan individu, dan Yordania dimulai di pertandingan All-Star setelah menerima 1,5 juta suara rekaman. Ia menjadi pemain pertama sejak Wilt Chamberlain (1936-1999) untuk mencetak 3.000 poin dalam satu musim. Yordania menikmati sukses pribadi, tetapi Chicago tidak maju melebihi putaran pertama playoff sampai 1988. Yordania berkonsentrasi pada peningkatan keterampilan basket yang lain, dan pada tahun 1988 ia diangkat Pemain Bertahan of the Year. Dia juga terpilih Player liga Paling Berharga (MVP) dan menjadi pemain pertama yang memimpin liga dalam kedua scoring dan steal. Dia lagi bernama MVP di All-Star Game tahun itu.
Dengan menambahkan pemain seperti Scottie Pippen, Bill Cartwright, Horace Grant, dan John Paxson di sekitar Jordan, manajemen Bulls ‘menciptakan tim yang kuat yang memenangkan gelar NBA 1991 dengan mengalahkan Los Angeles Lakers. Tahun berikutnya, Bulls mengulang sebagai juara NBA dengan mengalahkan Portland Trail Blazers. Pada tahun 1992 Yordania juga bermain di “Dream Team”, yang berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Panas di Barcelona, Spanyol. Komite Olimpiade telah memilih untuk mengangkat larangan atlet profesional yang berpartisipasi dalam permainan. Tim dengan mudah memenangkan medali emas, memenangkan delapan pertandingan mereka dengan margin rata-rata 43,7 poin.
7

Tak terduga pensiun

Pada tahun 1993, setelah seri playoff yang tangguh dengan New York Knicks, Bulls bertemu dengan Phoenix Suns untuk kejuaraan NBA. Setelah selesai, Yordania sekali lagi Playoff MVP, dan Chicago telah memenangkan gelar langsung ketiga. Bahwa ayah musim panas Jordan, James, dibunuh oleh dua orang selama upaya perampokan. Jordan kesedihan kena tulah, dan kematian ayahnya, dikombinasikan dengan laporan media tentang perjudian, membimbingnya untuk mengumumkan pensiun dari bola basket profesional di bulan Oktober. Yordania telah memenangkan tiga gelar NBA lurus, tiga penghargaan MVP musim reguler, judul playoff tiga MVP, tujuh gelar berturut-turut mencetak gol, dan dia adalah seorang anggota tim All-Star setiap tahun bahwa ia di liga. Hanya dalam sembilan musim dia menjadi Bulls sepanjang masa pencetak gol terbanyak.
Pada 1994-95 Jordan bermain untuk Birmingham Barons, sebuah tim baseball liga kecil dalam sistem Chicago White Sox. Meskipun percobaan tujuh belas bulan menunjukkan bahwa ia bukan pemain bisbol liga utama, pengalaman dan waktu jauh dari basket memberikan istirahat yang sangat dibutuhkan dan kesempatan untuk mendapatkan kembali cintanya basket.

8

Kembali ke kemuliaan

Ketika Jordan kembali ke Chicago Bulls selama musim 1994-95 biasa, orang bertanya-tanya, “Mungkinkah dia melakukannya lagi?” .Ia bermain bagus, tapi dia jelas berkarat. The Bulls dikalahkan di babak playoff oleh Orlando Magic. Setelah musim panas bermain basket selama istirahat dari film live-action film kartun Jam Space, Jordan kembali dengan tekad keras untuk membuktikan bahwa ia memiliki kemampuan untuk mendapatkan kembali di atas. Pada 1995-96 Bulls selesai musim reguler 72-10, sebuah rekor NBA untuk paling menang dalam satu musim, dan Yordania, dengan kembali ritme pemotretan nya, memperoleh gelar penilaian kedelapan. Dia juga menjadi pemain NBA kesepuluh untuk mencetak poin karir 25.000 dan tercepat kedua setelah Chamberlain untuk mencapai tanda itu. Bulls kemudian memenangkan kejuaraan NBA keempat mereka, menaklukkan Seattle Supersonics dalam enam pertandingan. Hanya sedikit yang menonton akan pernah lupa bagaimana Yordania berlutut, kepala membungkuk bola menang, di saat kemenangan pahit dan kesedihan mendalam. Permainan ini telah dimainkan pada Hari Ayah, tiga tahun setelah pembunuhan ayahnya.

9

Pensiun lagi

Jordan pensiun untuk kedua kalinya pada tahun 1999, mengakhiri karirnya pada nada tinggi sesaat setelah akhir resmi sengketa tenaga kerja antara pemain NBA dan pemilik tim. Banyak orang melihat dia sebagai pemain basket terbesar yang pernah, dan pensiun disebut akhir sebuah eraPada tahun 2000 Yordania menjadi bagian-pemilik dan presiden operasi bola basket dari Washington Wizards. Hal ini membuatnya hanya pemilik Amerika Afrika ketiga di NBA. Dia juga memperoleh hak milik di tim hoki Ibukota Washington. Juga pada tahun 2000, Yordania merayakan tahun pertama sebesar $ 1 juta program hibah untuk membantu guru membuat perbedaan di sekolah mereka.
Pada bulan September 2001, setelah berbulan-bulan rumor, Yordania mengumumkan bahwa ia mengakhiri tiga tahun pensiun untuk bermain bagi Wizards pada usia tiga puluh delapan. Pada konferensi pers untuk membicarakan comeback, ia berkata, “Secara fisik, aku tahu aku tidak dua puluh lima tahun, tapi aku merasa aku bisa memainkan permainan bola basket pada tingkat tertinggi”.Wizards, yang menang hanya sembilan belas pertandingan musim sebelumnya, ditingkatkan dengan penambahan Yordania. Setelah memilih untuk bermain di All-Star Game ketiga belas (di mana ia melewatkan slam dunk), Yordania memiliki Wizards dalam lomba untuk playoffs sampai menderita cedera lutut dan hilang bagian terakhir musim ini. Dia juga terganggu pada Januari 2002 ketika istrinya Juanita, yang dinikahinya pada tahun 1989, mengajukan gugatan cerai (Mereka memiliki tiga anak.) Bulan berikutnya perceraian dibatalkan. Yordania mengatakan ia berencana untuk bermain satu musim lagi untuk Wizards.

10

Dunia basket seakan kehilangan ruhnya. Tak urung, komentar yang meminta Jordan kembali ke lapangan terus bergema. Dan, hal itu akhirnya diwujudkan oleh Michael dengan bergabung lagi ke tim Chicago Bulls pada tahun 1995. “Saya mundur karena merasa sudah tak ada tantangan lagi. Dan saya kembali lagi karena saya merasa kini ada tantangan baru,” sebut Jordan dalam sebuah wawancara.Sosok Jordan memang fenomenal. Jika beberapa orang merasa kurang nyaman saat bertemu dengan halangan dan rintangan, ia justru mencarinya. Misalnya, ketika ia kembali dari pensiunnya, secara tidak langsung, ia menantang pemain basket yang dianggap sebagai penggantinya, Kobe Bryant. Dalam sebuah pertandingan para bintang, ia beraksi mencoba menundukkan juniornya tersebut.Hal tersebut juga ditunjukkan ketika masa awal kuliah. Karena tak punya tinggi badan yang memadai untuk masuk tim utama, dirinya sempat disingkirkan. Namun, bukannya merasa putus asa, ia terus berlatih sendiri hingga tinggi badannya mencukupi. Meski masih dianggap kurang ideal, ia mampu mencetak skor meyakinkan sehingga akhirnya jadi pilihan utama. “Saya dapat menerima kegagalan, tapi saya tidak dapat menerima jika saya belum mencoba,” sebut Jordan mengungkap rahasia suksesnya.Tantangan dan halangan memang sering justru jadi penguat dirinya untuk mencapai prestasi. Pernah, ketika ia mulai masuk di tim profesional NBA, karena memunyai prestasi cemerlang, ia justru sempat “dikucilkan” oleh pemain senior. “Saat kita ingin mencapai sesuatu, pasti akan ada halangan. Saya juga menjumpainya seperti juga orang lain. Tapi, seharusnya itu tak perlu menghentikan kita. Seperti saat mendapati tembok, jangan berpikir menyerah, tapi coba lompati dan lewati,” ungkap Jordan. Dengan keyakinan inilah, Jordan mampu mengubah tantangan itu sebagai batu loncatan mencapai sukses yang lebih maksimal.
Kini, nama Jordan sangat lekat sebagai ikon NBA. Tak urung, legenda basket lain seperti Larry Bird pun hingga sampai mengomentari, “Dewa menyamar sebagai Michael Jordan.” Prestasi fenomenalnya membuat ia sering diundang untuk menyemangati banyak orang dalam berbagai bidang. “Saya sudah lebih dari 9000 kali gagal melakukan tembakan. Saya sudah hamper 300 kali kalah dalam pertandingan. Setidaknya, 26 kali saya dipercaya untuk menjadi algojo penentu kemenangan dan saya gagal. Saya gagal terus dan terus dalam hidup saya. Dan, justru karena itulah saya sukses,” sebut Jordan dalam beberapa kali pidatonya.
Prestasi fenomenal Michael Jordan tak diperoleh dalam sekali dua kali latihan. Ia juga sering gagal dalam kariernya. Namun, justru itulah yang menjadikan dia legenda hingga saat ini. Karena, ia tak pernah menyerah pada keterbatasan. Dan bahkan, ia mampu mengubahnya menjadi sebuah kekuatan. Keyakinan, kerja keras, dan ketekunan adalah contoh nyata dari seorang Michael Jordan yang patut kita contoh untuk mencapai sukses sebenarnya.
11

BAB V
PENUTUP

5.1 KESIMPULAN
Biografi adalah suatu kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang bersumber pada subjek rekaan (non-fiction / kisah nyata). Sebuah biografi lebih kompleks daripada sekadar daftar tangga lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang,tetapi juga menceritakan tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian-kejadian tersebut yang menonjolkan perbedaan perwatakan termasuk pengalamn pribadi. Dari hasil analisis diatas diketahui Biografi tersebut merupakan berdasarkan kisah nyata,bukan fiction.
Dari buku biografi ini,banyak pesan moral dan pelajaran kehidupan yang didapat.Seperti:
-Pantang menyerah pada keterbatasan, bahkan mampu mengubah menjadi sebuah kekuatan.
-Keyakinan, kerja keras, serta ketekunan.

5.2 SARAN
Adapun saran yang penulis berikan ialah :
1. Diharapkan para pembaca Buku ini daengan lebih mengenal dan mengetahui akan Tokoh yang ada dalam Buku ini.
2. Hendaknya mengambil hikmah dari isi Buku ini sebagai salah satu acuan hidup para pemuda Indonesia,untuk menghidupkan masa depan kelak.
3. Hendaknya dapat meneladani sifat tokoh utama yaitu Michael Jordan dalam kehidupannya.
Dengan adanya pembahasan Biografi dalam Buku ini saya berharap akan berguna sebagai ilmu dan pengetahuan yang baik untuk pembaca.

12

DAFTAR PUSTAKA

Porter, David. 2001. Michael Jordan, A Biography. America : Greenwood Press.

http://www.notablebiographies.com/Jo-Ki/Jordan-Michael.html.

Http ://www.scribd.com/doc/24590930/Contoh Karya Tulis Ilmiah.

Http://kolom-biografi.blogspot.com/2009/12/pengertian-biografi-serta-cara-menulis.html

13

About these ads

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.