WUJUD HAKEKAT MANUSIA

Wujud Sifat Hakekat Manusia
Wujud sifat hakekat manusia yang tidak dimiliki oleh hewan yang dikemukan oleh faham existensialisme. Dengan maksud menjadi masukan dalam memebenahi konsep pendidikan yaitu :
a) Kemampuan menyadari diri.
Di sinilah kita sudah jelas dapat membedakan diri manusia dengan hewan. Karena kita sebagai manusia telah dikaruniai akanl untuk memikirkan siapan manusia itu sendiri. Sedangkan hewan tidak dikaruniai akal sehingga dia tidak bisa memikirkan dirinya karena itulah manusia dikatakan mahluk yang paling sempurna dengan diciptakanya oleh penguasa alam semesta.
b) Kemampuan berexistensi
Adanya kemampuan berexsistensi inilah yang membedakan manusia sebagai mahluk Human dari hewan selaku Infra Human dimana hewan menjadi onderdil terhadap lingkungan dan sedangkan manusia sebagai manejernya. Artinya hewan hanya sebagai alas an dari lingkungannya dan sedangkan manusia sebagai alas an dari kedunya / selebihnya (dalam mengelolahnya).

c) Kata Hati (Eweten Concience Of Man)
Kata hati / Concience of man sering disebut dengan istilah hati nurani, lubuk hati, suara hati, pelita hati dan seterusnya. Concience adalah : pengertian yang ikut serta / pengertian yang mengikuti perbuatan. Manusia memiliki pengertian yang akan redang dibelah buatnya, dan bahkan juga mengerti akibat dari baik dan buruk yang akan ditanggunganya.
d) Moral
Yang disebut dengan moral atau juga sering disebut dengan etika, adalah perbuatan itu sendiri.
Disini tampak bahwa masih ada jarak antara kata hati dengan moral artinya : seorang yang telah memiliki kata hati yang tajam belum otomatis perbuatanya merupakan realisasi dari perbuatanya kata hatinya. Untuk menjembatani jarak yang akan mengantar keduanya tersebut adalah diperlukannya 1 (satu), unsure yaitu, Kemauan. Bukankan banyak orang yang mempunyai kecerdasan akal tetapi tidak cukup memiliki moral atau keberanian berbuat. Dan tambahan pula hanya memiliki kesediaan moral / perbuatan dan akan tetapi suatu keinginan / kemauanya tidak ada.
Sesungguhnya ke – 3 unsur tersebut tidak bisa saling terlepas. Tetapi harus saling berkaitan apabila suatu perbuatan ingin kita kerjakan.
e) Tanggung Jawab
Kesidiaan untuk menanggung semua akibat atas yang dikerjakan oleh seseorang itu adalah ciri – cirri orang yang bertanggung jawab. Wujud tanggung jawab adalah :
1. Tanggung jawab pada diri sendiri
2. Tanggung jawab kepada masyarakat
3. Tanggung jawab kepada Sang Pencipta.
o Dalam tanggung jawab kepada diri sendiri berarti menanggung tuntutan kata hati.
o Tanggung jawab kepada masyarakat, berarti menggung semua aturan yang ditetapkan dalam masyarakat.
o Kepada TUHAN, apabilas seseorang telah melakukan dosa bahwa dia merasa dirinya memiliki kehilafan kepadanya.
f) Rasa Kebebasan
Merdeka adalah rasa bebas (tidak merasa terikat oleh sesuatu). Tetapi sesuai dengan tuntutan kodrat manusia. Dalam pernyataan ini ada dua hal yang kelihatanya saling bertentangan yaitu “rasa bebas” dan sesuai dengan tuntutan kodrat manusia. Bebas artinya berbuat sepanjang tidak bertentangan dengan tuntutan kodrat manusia.
Orang merasakan adanya kebebasan batin, apabila ikatan yang ada telah menyatu dirinya dan menjiwai segenap perbuatanya. Kemerdekaan berkaitan erat dengan kata hati dan moral. Seseorang mengalami rasa merdeka apabila segenap perbuatanya (moralnya), sesuai dengan apa yang dikatakan oleh kata hatinya yaitu yang sesuai dengan tuntutan kodrat manusia karena perbuatan itu seperti tidak sulit atau siap sedia untuk dipertanggung jawabkan dan tidak sedikit menimbulkan kekhawatiran.
g) Kewajiban dan Hak
Tidak ada hak tanpa kewajiban karena untuk menuntut sesuatu maka tentu ada pihak lain yang berkewajiban untuk memenuhi hak tersebut. Hak pada dasarnya adalah sesuatu yang masih kosong artinya meskipun hak tentang sesuatu ada, belum tentu seseorang itu mengetahuinya (misalnya Hak memperoleh perlindungan Hukum). Kewajiban bukan merupakan beban bagi manusia melainkan keniscayaan artinya selama seseorang itu menyebut dirinya manusia dan dia mau dipandang sebagai manusia, maka kewajiban itu menjadi keniscayaan bagi dirinya. Kewajiban adalah suatu keluruhan. Disiplin diri menurut sela Soemardjan meliputi emapt aspek, yaitu:
a. Disiplin Rasional, yang bila terjadi pelanggaran menimbulkan rasa sala
b. Disiplin Sosial. Jika dilanggar menimbulkan rasa malu
c. Disiplin Afektif, jika di langgar menimbulkan rasa gelisah
d. Disiplin Agama, jika terjadi pelanggaran menimbulkan rasa berdosa.
Jadi kewajiban dan hak adalam 2 macam gejala yang timbul sebagai menifestasi dari manusia sebagai mahluk sosial.
h) Kemampuan Menghayati Kebahagiaan
Kebahagiaan merupakan penghayatan hidup karena kebahagiaan adalah suatu istilah yang lahir dari kehidupan manusia dengan kata lain kebahagiaan merupakan integrasi/rentetan dari sejumlah kesenangan, bahwa kebahagiaan tidak cukup digambarkan hanya terhimpun dari pengalaman-pengalaman yang menyenangkan.
Jadi kebahagiaan itu rupanya tidak terletak pada keadaannya sendiri secara factual (lulus) atau pada rangkaian prosesnya, maupun pada perasaan yang diakibatkannya tetapi terletak pada kesanggupan menghayati semuanya dengan keheningan jiwa, dan mendudukkan hal-hal tersebut dalam rangkaian, atau ikatan tiga hal yaitu: usaha norma-norma dan takdir, yang dimaksud dengan usaha adalah perjuangan yang terus menerus untuk mengatasi masalah hidup, sedangkan takdir adalah rangkaian yang tak terpisahkan dalam proses terjadinya kebahagiaan. Ada 2 hal yang dapat dikembangkan agar kebahagiaan itu dapat di usahakan peningkatannya antara lain:
a. Kemampuan berusaha
b. Kemampuan menghayati hasil usaha dalam kaitannya dengan takdir.

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.